Terkait Tentang Kearsipan, Musti Siswati Studi Banding Ke Pusat Bantuan Hukum dan HAM UNSRAT Manado

oleh -124 views

 

SULUT-Direktur Layanan dan Pemanfaatan Dra. Multi Siswati, MM, melaksanakan studi banding ke Pusat Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Universitas Sam
Ratulangi,Kota Manado Sulawesi Utara. Kunjungan ini turut didampingi pak kadis DR.Drs. Asripan Nani, MSi. Dan Kepala Bidang Pembinaan Arsip Ronny Geruh dan Kabid Layanan Perpustakan Drs. Christian Onibala dan kabid layanan Arsip Rilya Gobel.

Kunjungan Direktur Layanan dan Pemanfaatan Dra. Multi Siswati, MM, terkait Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Arsip Nasional Republik Indonesia, serta program Kerja Direktorat Layanan dan Pemanfaatan TA 2022.

Dalam sambutan Dra. Multi Siswati, MM,mengatakan bahwa Pusat Studi Arsip Pemberantasan Korupsi Arsip Nasional Republik Indonesia merupakan unit kerja layanan yang menyediakan bukti rekam kegiatan dan perjalanan bangsa dalam memberantas korupsi.

“Diharapkan ke depannya dapat memperkaya berbagai informasi kasus pemberantasan dan pencegahan korupsi, sehingga dapat menjadi pembelajaran bagi bangsa Indonesia dalam melaksanan pemberantasan korupsi dan menumbuhkan nilai-nilai anti korupsi.”ungkapnya.

Lanjutnya, dalam menjalankan fungsinya, Pusat Studi ini menyediakan dan memberikan layanan kepada masyarakat mengenai bukti rekam kegiatan dan perjalanan bangsa dalam memberantas korupsi.

“Dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari unsur Pendidikan dan akademisi dapat memperkaya berbagai informasi mengenai kasus pemberantasan dan pencegahan korupsi dari kurun waktu sebelum dan sesudah kemerdekaan yang dapat digunakan sebagai sumber informasi dan pengetahuan kepada masyarakat agar tumbuh nilai-nilai anti korupsi untuk generasi sekarang dan masa yang akan datang.”jelas Siswati.

Selain itu juga dikatakannya dalam rangka menjalin kerja sama dan dukungan dengan dunia Pendidikan dan akademisi, perlu dilakukan kunjungan dan studi banding baik secara daring maupun langsung ke Pusat studi di Universitas yang bergerak di bidang pemberantasan korupsi dan hukum.
” Salah satu pusat studi yang memiliki peranan besar dalam upaya penanggulangan tindak pidana korupsi di Sulawesi adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Universitas Sam Ratulangi. Sebuah Pusat Studi yang baru saja berdiri, Pusat Studi Arsip Pemberantasan Korupsi perlu mengetahui dan mempelajari secara detail mengenai alur kegiatan dan fungsi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Universitas Sam Ratulangi.”jelasnya.

“Berharap dengan Informasi mengenai kegiatan ini mutlak diperlukan sebagai bahan masukan dan kajian mengenai kegiatan layanan dan riset mengenai pemberantasan korupsi di Pusat Studi Arsip Pemberantasan Korupsi.”tambahnya.

Sementara itu Kepala LPPM unsrat Prof. DR. Charles Kaunang memberikan apresiasi.

“Dari pihak UNSRAT pada dasarnya sangat mengapresiasi kunjungan dri ibu direktur dan unsrat siap bekerja sama dalam bidang kearsipan.dan berharap agar kunjungan ini akan memberikan nilai positif dan bermanfaat bagi daerah Sulut karena betapa pentingnya arsip itu.” Pungkas Charles sambari menyatakan Unsrat saat ini sedang membangun kantor arsip 4 lantai.

Selain kunjungan dan studi banding ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian ke Universitas Sam Ratulangi, dilanjutkan dengan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Utara. Kunjungan ini difokuskan kepada layanan arsip statis. Dalam hal ini, kunjungan ingin melihat sejauh mana pelayanan arsip statis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dalam melayani kebutuhan masyarakat dalam arsip. Dalam kesempatan ini, Direktur Layanan dan Pemanfaatan Arsip Nasional Republik Indonesia Multi Siswati memberikan masukan terhadap kemajuan layanan arsip statis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Utara.(ika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.