KM Venecian Tidak Diberangkatkan, Penumpang Kecewa, KSOP Manado Dinilai Pilih Kasih

oleh -9.480 views
KM. Venecian tujuan Manado, Tagulandan-Siau, Hingga Pukul 23.00 Wita, belum diberangkatkan

MANADO, Penumpang Kapal Motor ((KM) Venecian harus menunggu berjam-jam di Pelabuhan Manado.

Pasalnya, kapal tersebut tidak diberangkatkan olleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado, dengan alasan cuaca buruk.

Herannya, kapal yang lain bisa diberangkatkan dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat pada Rabu (01/12/2021) sore.

Terpatau Wartawan media ini, dengan tidak diberngkatkannya KM Venecian membuat para penumpang merasa kecewa dengan kebijakan yang diambil oleh KSOP Manado yang mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran, koordinasi kegiatan pemerintahan di pelabuhan serta pengaturan, pengendalian, dan pengawasan kegiatan kepelabuhanan pada pelabuhan yang diusahakan secara komersial.

Bahkan para penumpang KM Venecian menilai, KSOP Manado terkesan pilih kasih. Para penumpang juga menduga ada sejumlah pegawai atau karyawan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado, tidak menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang ada.

Hal ini dikarenakan terkait jam keberangkatan kapal,Terbukti ketika Pantauan awak media, Rabu (01/12/2021) Pukul 20.30 Wita, salah satu Kapal tujuan Tagulandang – Siau, KM. Venecian tidak diberangkatkan dari Pelabuhan Manado.

Terkait jam keberangkatan, para penumpang menilai bahwa Ini membuktikan lemahnya, fungsi KSOP Manado, padahal jadwal keberangkatan pukul 16.00 Wita/jam 4 Sore, seperti yang diungkapkan Recky Entjerauw salah seorang penumpang tujuan Pulau Siau, kepada media ini.

“Seharusnya KSOP Manado bijak dalam penanganan, seperti yang saya ketahui, kenapa kapal Merit Teratai dan Glorymari sudah diberangkatkan oleh KSOP. Padahal tujuan dari kedua kapal tersebut tujuannya Pulau Sangihe dan Talaud, sesuai jam keberangkatan pada umumnya yaitu pukul 5 Sore dan pukul 7 malam,” tutur Recky.

“Secara kami membeli tiket jam keberangkatan pukul 04 Sore, trus siapa yang harus bertanggung jawab dengan waktu keberangkatan,”sambungnya dengan nada kecewa.

Ia juga mengatakan, apakah ini dinamakan pilih kasih..? atau hanya suatu siasati untuk mengambil sebuah keuntungan di tengah cuaca yang buruk karena faktor hukum alam.

“Ingat Pak, saya juga berangkat dengan segala hal terburuk dan penuh konsekwensi yang akan terjadi, karena semua butuh kejar waktu. Jika memang cuaca buruk, kenapa ada kapal yang harus diberangkatkan. Secara saya dan para penumpang lainnya harus menunggu berjam-jam,”ungkap Recky kesal.

Sementara itu Kepala KSOP Manado R Sadeli, melalui Glanny salah salah satu Pegawai KSOP Manado, saat dimintai keterangan terkait KM. Venecian yang belum juga diberangkatkan pada pukul 23.00 Wita/ atau jam 11 malam. Glanny menjawab bahwa dirinya hanya bawahan.

“Saya hanya bawahan petugas operator Inaportnet dan mengikuti perintah atasan untuk memverifikas pengajuan keberangkatan. Untuk itu, saya hanya bawahan tidak bisa mengambil keputusan kecuali perintah,” cetus Glanny.

Ketika dikonfirmasi terkait nasib penumpang dari Tagualandang-Siau yang sudah membeli tiket untuk kapal venecian, namun Kapal belum di berangkatkan. Glanny tidak memberikan tanggapannya sebagai jawaban untuk para penumpang. (Bert)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.