Pengadaan Kendis di Masa Pandemi

Milyaran Rupiah Pengadaan Kendis DPRD Manado, Rakyat Sengsara Karena Pandemi Covid-19

oleh -460 views
Milyaran Rupiah Pengadaan Kendis DPRD Manado, Rakyat Sengsara Karena Pandemi Covid-19

MANADO – Anggaran berbandrol milyaran rupiah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) Kota Manado Tahun 2021. Dikucurkan DPRD Kota Manado hanya untuk pengadaan atau membeli 12 Kendaraan Dinas (Kendis), berupa 4 unit mobil dan 8 sepeda motor.

Jika memahami kondisi saat ini masyarakat sedang dirundung kesusahan akibat pandemi covid-19. Rakyat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah maupun para wakil-wakil rakyat yang duduk di DPRD Kota Manado, untuk melewati masa-masa sulit dampak dari pandemi covid-19 yang merongrong sektor kesehatan dan ekonomi masyarakat. Namun anggaran milyaran rupiah ini hanya akan digunakan untuk pengadaan kendaraan dinas wakil-wakil rakyat di DPRD Kota Manado, bukan untuk membantu masyarakat kota manado di masa pandemi covid-19 saat ini.

Diketahui, Pengadaan Kendis  (Kendaraan Dinas) dalam kode RUP (Rencana Pengadaan Umum) No. 29376936 pada satuan kerja Sekretariat DPRD Manado, dengan paket pekerjaan belanja modal kendaraan dinas bermotor perorangan, khusus 4 mobil masing-masing spesifikasi 2.500 cc untuk 3 unit dan 1 unit 1.500 cc dengan pagu anggaran Rp 2.148.500.000.

Sementara pengadaan 8 unit sepeda motor dengan kode RUP No. 29072187, pada satuan kerja yang sama dengan spesifikasi motor matic 150 cc, total pagu anggaran disediakan Rp 201.500.000.

Sekretaris DPRD Manado, Adi Zainal Abidin ketika dimintai konfirmasi wartawan via WhatsApp terkait pengadaan Kendis tersebut mengatakan, sementara dalam proses tender.

“Sementara proses tender di LPSE,” kata Adi Zainal Abidin.

Meski belum diketahui kendaraan jenis atau merek apa yang akan diadakan. Namun, jadual pelaksanaan kontrak kerja kedua paket pekerjaan itu sama-sama dimulai dan berakhir Mei 2021. Bedanya hanya metode pembelian. Kalau 4 Mobnas lewat tender, sementara 8 motor lewat E-Purchasing atau melalui E-Katalog.(rml)