Terkait Proses PAW di DPRD Minut, Darul Halim : Sesuai Mekanisme PAW Adalah Peraih Suara Terbanyak Berikutnya

oleh -567 views
Terkait Proses PAW di DPRD Minut, Darul Halim : Sesuai Mekanisme PAW Adalah Peraih Suara Terbanyak Berikutnya

MINUT – Menyikapi polemik proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Shintia G Rumumpe di tubuh Fraksi NasDem (Nasional Demokrat) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minut, melalui Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM (Kadiv Sosparmas), Darul Halim menjelaskan, terkait mekanisme PAW, KPU hanya akan melakukan proses PAW Sesuai dengan mekanisme yang diatur oleh undang-undang.

“ Sesuai Undang – undang No 7 Tahun 2017 tentang pemilihan legislatif ataupun PKPU No 6 tentang PAW menyatakan, yang menggantikan adalah peraih suara terbanyak berikutnya,” jelas Darul Halim saat dimintai tanggapan oleh wartawan media ini, melalui ponsel,Selasa (13/07/2021).

Lebih lanjut Darul menjelaskan, merunut dari hasil pilcaleg lalu, untuk dapil Satu Kolongan Kalawat yang meraih suara terbanyak ialah Shintia G Rumumpe (SGR) diikuti Hendrik Runtuwene dan Djafar Efendy Moha di urutan ketiga.

“ Jadi jika salah satu dari kedua anggota DPRD ini (SGR, Hendrik Runtuwene) mengundurkan diri, maka yang berhak menggantikan mereka adalah peraih suara terbanyak berikutnya yakni Djafar Efendy Moha. Itu sesuai ketentuan undang – undang,” jelas Darul.

Darul menegaskan, asas kepastian hukum tetap dipegang oleh KPU. Asas kepastian hukumnya itu tadi, yang menggantikan Sinthia G Rumumpe adalah peraih suara terbanyak berikutnya di dapil Kolongan Kalawat.

“KPU tidak akan melakukan proses di luar mekanisme PAW dan memastikan tetap mengacu pada asas regulasi dan asas kepastian hukum,” tegas Darul.

Ditambahkan Darul, Sampai saat ini KPU belum menerima pengusulan nama calon PAW dari DPRD Minu.

“Hingga saat ini pihak DPRD kabupaten Minut belum juga melayangkan surat pengusulan nama pengganti dari Sinthia Rumumpe ke KPU Minut,” pungkas Darul.(albert)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *