Jelang UKW, Dewan Pers Gelar Pelatihan Jurnalistik Secara Virtual

oleh -193 views

SULUT– Rabu,(07/07/21) besok, 60 calon peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dewan Pers setelah diseleksi dari 110 pendaftar , akan mengikuti pelatihan jurnalistik secara virtual pukul 09.00- 18.00 WITA.

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengatakan pers adalah pilar penting demokrasi. Sebuah negara demokratis niscaya memerlukan pers sebagai penyeimbang jalannya roda penyelenggaraan negara yang dijalankan pilar lainnya yakni: eksekutif, legislatif dan judikatif.

“Pers yang dimaksud adalah pers profesional yang berkualitas. Pers yang didukung insan wartawan yang memiliki kompetensi jurnalistik terukur, jurnalis yang terampil dalam teknis jurnalistik, taat pada Kode Etik Jurnalistik dan berpengetahuan atau berwawasan luas,” tulis Ketua dalam surat undangan yang dikirim kepada para peserta pelatihan.

Menurut Mohamad Nuh, wartawan dalam menjalankan fungsi pers secara optimal yaitu, mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat dan sekaligus melakukan kontrol sosial yang efektif ke semua pilar demokrasi Pers juga berperan sebagai alat chek and balance dalam sistem demokrasi.

” Rumusan kompetensi wartawan sudah dirumuskan Dewan Pers sejak tahun 2010, melalui program Standar Kompetensi Wartawan (SKW). Standar Kompetensi Wartawan ini mengklasifikasikan wartawan dalam tiga jenjang. Muda untuk wartawan yang menjadi pelaksana jurnalisme (reporter), Madya untuk yang mengelola ruang redaksi (redaktur) dan Utama untuk para pimpinan redaksi atau penanggung jawab redaksi,” jelasnya sambil menambahkan Pemerintah melalui Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) pada tahun 2021 ini akan mendukung Dewan Pers dalam memfasilitasi program pelatihan jurnalistik dan UKW di 34 kota/provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana mengatakan dari 110 yang telah mendaftar, Dewan Pers dan LPDS telah melakukan seleksi untuk mendapatkan 60 calon peserta yang kemudian akan diseleksi dalam pra UKW menjadi 54 Peserta yang akan mengikuti UKW.

‘ Rencana awal, setelah pra UKW besok, pelaksanaan UKW di Manado akan digelar 13-14 Juli 2021 di NDC Resort Manado. Tapi karena terkendala kondisi Covid-19 tertunda, sambil menunggu informasi dari Dewan Pers,” kata Hendrayana.

Terkait Pelatihan jurnalistik ini, akan dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh dan
menghadirkan 3 orang narasumber yakni dari Dewan Pers Asep Setiawan untuk materi ‘Filosofi Jurnalisme” , Hendrayana SH,MH untuk materi “Kode Etik Jurnalistik & Hukum Pers” dari LPDS dan Ahli Pers Rustam Fachri untuk materi “Liputan Investigasi” .

” Dalam pelatihan jurnalistik ini akan diawali pre test dan post test diakhir pelatihan. Hasil test akan menjadi acuan, siapa saja 54 peserta yang akan lolos,” kata Pemred Sulutdaily.com, Jeane Rondonuwu Mitra Lokal UKW Dewan Pers-LPDS di Manado.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *