Terkait Proses PAW di DPRD Minut, Simak Penjelasan Ketua Fraksi NasDem  

oleh -401 views
Ketua Fraksi NasDem DPRD Minut, Meidy Kumaseh

MINUT – Surat  permohonan kepada pimpinan DPRD dan Sekretariat Dewan (Sekwan) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) untuk Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) serta menindaklanjuti surat yang ditandatangani langsung oleh Ketum Surya Paloh dan Sekjen Johnny Plate, tertanggal 15 Februari 2021.

Perihal usulan PAW karena adanya Kekosongan satu kursi Nasdem di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Utara (Minut), pasca ditinggalkan Sintia Gelly Rumumpe (SGR), sejak September 2020 lalu sehingga harus diganti dengan pemilik suara terbanyak berikutnya caleg partai NasDem yakni Efendi Moha.

Terkait hal itu. Ketua Fraksi NasDem DPRD Minut, Meidy Kumaseh mengatakan,dengan kekosongan satu kursi itu selain merugikan Partai ada yang lebih dirugikan yakni hak konstituen pemilih yang tidak terpenuhi.

“Dengan kekosongan di Dapil I Minut, otomatis penyerapan aspirasi tidak berjalan baik,” kata Kumaseh saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Rabu (09/06/2021)

Namun menurutnya fraksi tidak memiliki wewenang terkait nama pengganti yang akan diajukan.

“Akan tetapi kami dari Fraksi NasDem yang ada di Lembaga DPRD Minut, sangat berharap cepat dilaksanakannya PAW”terang Kumaseh.

Ditandatangani Oleh Ketum dan Sekjen DPP NasDem, Efendy Moha Sah Pegang Mandat PAW

Lebih lanjut Kumaseh menjelaskan, kemarin sudah ada surat perihal proses PAW, kalau tidak salah dari Ketua Umum dan Sekjen DPP Partai NasDem.

“Sesuai dengan hasil suara yang ada itu pak Efendy Moha, tapi kita tidak tahu yang selanjutnya ada apa. Demi hak konstituen, saya berharap PAW dapat segera dilaksanakan tanpa mempermasalahkan nama yang diusul. Mau siapa dia, tapi secara hasil, secara hukum, itu pak Efendy Moha yang berhak untuk menggantikan Sintia Rumumpe”tandasnya.

Dikatakannya, sesuai aturan KPU Pasal 242 ayat 1 UU MD3 yaitu Calon Anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dari partai yang sama dan Dapil yang sama berhak diusulkan dalam proses PAW.

“Namun semuanya demi kelanjutan pembangunan Minut dan pelayanan kepada masyarakat dan juga demi Partai NasDem,” ungkap Kumaseh.

Diketahui, lima calon peraih suara terbanyak dari Partai NasDem Minut Dapil 1 Airmadidi-Kalawat yakni Shintia Rumumpe yang sudah mengundurkan diri, dengan total suara 2.591, Suara terbanyak kedua Frederik Runtuwene yang sudah menjadi anggota DPRD Minut dengan total suara 1.208, Jafar Efendy Moha total suara 834, Johanes William Kalesaran total suara 78, dan Peggy JC Rumambi total suara 629. (Albert)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *