Di Tangan AA-RS  Kota Manado Tidak Akan Pernah Mengalami Darurat Sampah

oleh -337 views
Di Tangan AA-RS  Kota Manado Tidak Akan Pernah Mengalami Darurat Sampah

MANADO – Sampah menjadi masalah pelik di Kota Manado. TPA Sumompo diklaim tidak bisa lagi menampung volume sampah warga Kota Manado sehingga tumpukan sampah sangat mudah kita temui di sudut Kota Manado.

Namun ditangan Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang (AA-RS) setelah dilantik 10 Mei 2021, langsung memprioritaskan penanganan sampah.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado Franky Jhonson Porawouw mengatakan, Walikota Manado Andrei Angouw sangat fokus dalam penanganan sampah di kota ini.

“Beberapa hari setelah menjabat langsung melakukan inspeksi ke TPA Sumompo bahkan naik ke gunung sampah di TPA untuk memastikan langkah penanganan sampah di TPA. Ini bukti kerja yang hebat dari seorang pemimpin,” ujar Porawouw, via telepon, Rabu (09/06/2021).

Menurutnya kondisi TPA dalam proses penataan kembali karena ada lahan sekitar tiga hektare yang bisa dijadikan tempat pembuangan baru.

“Masalah utama TPA menurut dia adalah pengaturan yang tidak baik. Sumbangan alat berat Walikota Andrei Angouw diakuinya menjadi resep jitu penanganan sampah di TPA”tandasnya.

Dikatakan Franky, saat ini kami sedang mengerjakan akses jalan menuju ke tempat pembuangan sehingga bisa masuki truk dan menggaruk kembali gunung sampah untuk diratakan.

“Itu sebabnya, kota Manado tidak akan pernah mengalami darurat sampah, karena sebentar lagi TPA regional ilo-ilo akan segera beroperasi sehingga semua sampah warga Kota Manado dipastikan akan langsung ke TPA. Sampai sekarang ini  sinergitas bersama dengan para camat, sehingga tidak ada lagi terlihat tumpukan sampah di sudut jalan Kota Manado. Bahkan tam tampal lagi antrian truk dan bentor sampah di Tempat Pembuangan akhir (TPA) Sumompo,” terang Kadis Franky .

Sehingga Manado tidak lagi dalam kondisi darurat sampah seperti disebutkan beberapa bulan lalu, karena dengan kondisi TPA saat ini masih bisa untuk menampung volume sampah warga Kota Manado hingga 8 tahun kedepan,kata mantan Kabid Persampahan ini. (Albert)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *