Bupati FDW Ajak Semua Stakeholder Bersatu Dan Bergerak Aktif Memperkokoh Nilai-Nilai Pancasila

oleh -972 views
Bupati FDW Ajak Semua Stakeholder Bersatu Dan Bergerak Aktif Memperkokoh Nilai-Nilai Pancasila

MINSEL – Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dipimpin oleh Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) dilakukan secara Virtual dari Istana Kepresidenen Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (01/06/2021). Diikuti oleh Bupati Frangky D Wongkar (FDW) dan Wakil Bupati Minsel Petra Y. Rembang, bersama dengan unsur Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) di Aula Kantor Bupati, Lantai IV.

Wongkar dan Rembang dengan setelan pakaian adat Minahasa, didampingi Wakapolres Minsel Kompol Farly A. Rewur, SH,MM dan pejabat penghubung TNI, pejabat eselon II dan III,  dengan cermat mendengar amanat Presiden RI, terlebih khusus ketika Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen untuk bersatu mempertahankan nilai-nilai Pancasila.

“Saya mengajak  aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ajak mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dia juga mengingatkan warga Indonesia, bahwa dalam menghadapi semua ini, maka perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa. Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0. Dan sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan, tambahnya.

Apalagi, jaringan seluler generasi kelima (5G) yang ada di dunia sekarang ini, akan membuat interaksi semakin cepat, namun juga bisa dimanfaatkan oleh kelompok transnasional radikal untuk menyebarkan ideologinya. Perkembangan IPTEK, lanjut Presiden Jokowi, akan mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi.

“Revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog dalam interaksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara, ketika konektivitas 5G melanda dunia maka interaksi antar dunia juga akan semakin cepat,” kata Prsiden Jokowi.

Kemudahan ini tambah Jokowi, bisa digunakan oleh ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan ke seluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu, kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini, tegas Jokowi dengan nada mengingatkan.

Usai upacara Hari Lahir Pancasila, Bupati Minsel Franky Wongkar mengajak semua stakeholder untuk menyatakan tekad, yaitu bersatu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila di Minsel.

“Sebagaimana amanat Presiden Jokowi dalam menghadapi era-disrupsi dan konektivitas 5G di 17 Kecamatan dan 167 Desa dan 10 Kelurahan di tanah Toar Lumimuut bagian Selatan ini, demi Minsel Maju, berkepribadian dan Sejahtera,” pungkas Wongkar. (dotu)