Lukisan Da Vinci The Last Supper, Lukisan Perjamuan malam Paskah

oleh -1.463 views
Lukisan Leonardo Davinci
Sejarah Lukisan The Last Supper Leonardo Da Vinci/ Foto Wikipedia

Oleh : Albert P Nalang

SEJARAH  telah melahirkan Seniman besar jaman Renaisans antara lain Leonardo  da  Vinci yang lahir 15 April 1452, Anchiano, Italia dengan nama lengkap Leonardo di ser Piero da Vinci. Dari karyanya lahirlah lukisan7 mahakarya seperti Monalisa, the Last Supper. Selain seorang pelukis, dia juga pemahat/pematung, ilmuwan, arsitek, penemu, penulis, dan filsuf asal Italia.

Selain sebagai seniman, Da Vinci juga memiliki ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan seperti, teknik, astronomi, geologi matematika, botani atau ilmu tumbuhan, maupun kartografi (pemetaan).

Membahas tentang lukisan Leonardo yang terkenal yaitu The Last Supper. Lukisan itu menggambarkan bahwa Yesus sebagai seorang Yahudi, mengadakan Perjamuan malam Paskah, memperingati Paskah Perjanjian Lama, dimana Tuhan membebaskan Bangsa Israel dari perbudakan raja Farau/Firaun di Mesir. Yang ketika itu Tuhan memerintahkan orang Israel untuk menyembelih Anak Domba dan mengoleskan darahnya pada ”Jenang Pintu” Rumah mereka. Perjamuan itu diperingati secara turun temurun oleh bangsa Israel, dengan menyembelih anak Domba Paskah, makan Roti tak beragi, meminum anggur, dan makan sayuran  pahit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *