Konferensi Pertama Pemuda Kristen Sangihe Talaud

oleh -99 views
Judul asli : De Eerste Conferentie van Christen-Jongeren op Sangir

Diselenggarakan di Siau pada 13-15 Juni 1928

Oleh: P. G. W. VALDERPOORT

KESADARAN kebangkitan Anak Muda Kristen, diikuti dengan keinginan untuk saling terikat dalam hidup sebagai Kristen untuk berdiri lebih kuat yang dalam beberapa tahun terakhir di tempat lain di nusantara, telah diekspresikan dengan sangat gembira dan telah menghasilkan pembentukan berbagai Perkumpulan Pemuda, juga Sangir menjadi terlihat.

Sebenarnya, agar tidak mengabaikan kebenaran, kita harus menulis, juga menjadi perhatian pada siswa Kristen-Sangiree di luar negara asalnya.

Dari merekapertama mendorong yang satu ini Konferensi. Mereka mengirimkan surat edaran pada awal tahun ini dengan tujuan Sangir untuk mengadakan beberapa pertemuan. Di mana dapat dibahas apa yang mereka masih muda Umat ​​Kristen mereka ingin berpartisipasi dalam gerakan besar yang menggerakkan Timur saat ini.

Itulah keindahan yang satu ini Konferensi, bahwa inisiatif untuk ini sepenuhnya diambil oleh pemuda Sangir sendiri, meskipun menanggapi apa yang mereka lihat dan alami dalam pekerjaan pemuda di Jawa.

Dan sekarang Konferensi sendiri. Selama tiga hari, dari 13 hingga 15 Juni, kami mengadakan konferensi di sekolah berasrama Holl kami. Inl. Sekolah Misionaris. Biasanya ada 50 sampai 100 peserta anak muda, sebagian juga pihak yang lebih tua.

Saya tidak ingin mengatakan apakah semuanya adalah makanan yang layak yang dibawa ke meja di sana. Sebaliknya, inilah yang terjadipertamasering mencari dan meraba-raba apa yang seharusnya kita miliki.

Banyak pengunjung yang belum pernah melihat dunia selain pulau mereka, Sangir, tapi tidak tahu apa yang terjadi dengan ini Konferensi dimaksudkan. Ada yang ingin mendorong Liga Nasionalis Jong-Sangireezen, ada yang ingin mendirikan semacam asosiasi untuk promosi pendidikan di pulau-pulau ini.

Jadi kali ini sering kali merupakan perpaduan pidato yang luar biasa yang kami dengar. Kami berbicara banyak tentang perawatan unggas dan kerjasama dalam perdagangan seperti halnya tentang Chr. Pekerja muda di Jawa, alkoholisme dan membaca Alkitab. Dan kenapa tidak? Kami hanya akan menolak mereka, para pecinta dan pedagang unggas muda, jika mereka dibungkam. Dan anak muda Sangiree dari Jawa tidak tertipu.

Sungguh menggembirakan melihat bagaimana buah dari pengajaran misionaris dengan semangat mereka dimanifestasikan. Didukung oleh para delegasi Sekolah Misionaris di Kaloewatoe, mereka terus bekerja menuju tujuan mereka, pendirian organisasi pemuda dan majalah korespondensi. Tujuan itu setidaknya tercapai sebagian.

Panitia untuk Karya Pemuda yang berkedudukan di Taroena dibentuk, sedangkan panitia ini diberi tugas antara lain untuk mencoba membuat majalah korespondensi tersebut. Kami dengan sepenuh hati berharap panitia ini dapat melakukan banyak hal untuk Sangiesche Youth. Mengingat apa yang mantan siswa Holl kita. Ini Sekolah Misi dan para siswa Sekolah Pengajaran Misi di Kaloewatoe yang satu ini Konferensi Kami berharap pekerjaan komite ini memiliki prospek yang bagus. Itu juga digunakan oleh iniKonferensi mengirim petisi lain kepada Residen Menado, meminta impor minuman keras Sangir ingin membatasi dan mencegah persiapan cuaca sagu melalui ketentuan.

Raja Taruna menghadiri hampir semua pertemuan dengan istrinya, berpartisipasi secara teratur dalam musyawarah dan memperkenalkan berbagai topik sendiri. ItuKonferensi sangat menghargai ini.

Cuci yang ini pertama Konferensi dalam banyak hal hanya persiapan, namun kami dengan senang hati mengingat pertemuan-pertemuan itu dan sangat berharap itu Konferensi tahun depan mungkin berlanjut di jalan sekarang pertamaharus dipilih; dan agar dia dapat membawa berkah yang lebih banyak lagi kepada anak muda Sangiree kita daripada yang telah terjadi sekarang. Taruna, Agustus 1928.

Judul asli : De Eerste Conferentie van Christen-Jongeren op Sangir

Sumber: Nederlands Zendingsblad

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *