Berbandrol Miliaran Rupiah, DPRD Sulut Pertanyakan Pengelolaan Command Center Yang Tidak Maksimal

oleh -71 views
Suasana RDP Komisi DPRD Sulut dengan Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Sulut serta KPID Sulut
Suasana RDP Komisi DPRD Sulut dengan Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Sulut serta KPID Sulut

SULUT – Komisi I Dewan Perwakilam Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara  (Sulut) yang membindangi Hukum dan Pemerintahan, menduga ada hal mengganjal terkait pengelolaan sarana Command Center yang anggarannya mencapai 5 Miliar (M) Rupiah oleh Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulut. Tidak berfungsi secara maksimal.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPRD Sulut dengan Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Provinsi Sulut serta Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulut.Senin (08/03/21) di ruang rapat komisi I DPRD Sulut.

RDP tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I, Vonny Paat,dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik, Cristiano E Talumepa serta Komisioner KPID dan Anggota Komisi I.

Dalam RDP itu juga, dibahas terkait program kegiatan  serta penyerapan realisasi anggaran di Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan statistik Provinsi Sulut.

“Pengelolaan Command Center tidak berfungsi maksimal. Kemana anggaran sebesar 5 Miliar pengelolaan command center” ungkap anggota Komisi I DPRD Sulut, Herol Vesly Kaawoan,mempertanyakan.

Sementara, Ketua Komisi I Vonny Paat. Ia mempertanyakan  terkait penyerapan anggaran Tahun 2020 dan Program Kerja Tahun 2021 Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik. Paat pun mempertanyakan terkait tidak maksimalnya pengelolaan command center yang menelan anggaran miliaran rupiah.

” Padahal Command Center Pemprov sulut untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi, terkait tatakelola pemerintahan dan pelayanan publik lainnya. Tetapi bagaimana, anggarannya mencapai 5 miliar lebih namun tidak maksimal fungsinya”ungkap Paat.

Paat mengakui, bahwa  pengelolaannya belum maksimal karena baru dua tahun dibandingkan daerah lain yang sudah ada cukup lama.

“Kami berharap kedepan pengelolaan Command Center ini bisa lebih maksimal,”ungkap Paat.

Personil Fraksi PDI Perjuangan ini Vonny Paat, mengapresiasi kinerja dari Komisioner KPID Sulut. Meski baru terpilih dan dilantik sudah menunjukkan kinerja yang baik.

“Saya mengapresiasi kinerja KPID Sulut yang sudah bekerja maksimal. Meski baru mulai bekerja, tapi mereka sudah mampu menertipkan TV Kabel Sentosa Multi Media sesuai dengan keputusan Kementerian Kominfo,”pungkas Paat. (ika)