https://portalsulutnews.com

Akurat & Terkini

Kembangkan Pariwisata Kota Tomohon, WL dan Olly Menanam Jagung di Puncak Wawo

Post On,

 

SULUT,portalsulutnews.com– Legislator DPRD Sulut Wenny Lumentut (WL), saat ini mencoba mengembangkan pariwisata hortikultura di Kota Tomohon melalui Puncak Wawo.Pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Ketua Fraksi Nyiur Melambai DPRD Sulawesi Utara (Sulut) ini disambut Pemerintah Provinsi Sulut. Bahkan Gubernur Olly Dondokambey atas undangan WL, datang langsung ke lokasi Puncak Wawo, sekaligus menanam jagung dan memyerahkan bibit, dan juga pembuatan bak air bagi para petani yang ada di Wawo.

“Saya ingin Puncak Wawo menjadi salah satu ikon pariwisata hortikultura di Tomohon. Kalau bisa lebih bagus dari Puncak Tetempangan,” kata WL.

Lanjutnya, potensi yang ada di Perkebunan Wawo ini luar biasa. “Untuk itu kolaborasi eksekutif dan legislatif bersama-sama membantu para petani agar bisa menekan biaya produksi agar bisa menunjang kesejahteraan. Maka dari itu tadi sudah dilakukan penyerahan bibit dan sedang dibuatkan sumber bor air, karena petani disini sering mendapat masalah terkait ketersediaan air,”tambahnya.

Selain itu WL mempunyai impian, jika terwujud akan berimbas positif pada masyarakat Tomohon.

“Akan ada multiplier effect di masyarakat. Khususnya di sektor perekonomian. salah satu alasan membangun lokasi tersebut adalah juga untuk mendukung program pemerintah, ODSK ,Orang desa sehat dan Kuat,”Pungkas WL.

Tak Hanya itu, WL juga menekankan, jika apa yang dilakukannya saat ini bukan terkait dengan pesta demokrasi yang sebentar lagi digelar di Tomohon. Di mana namanya masuk dalam jajaran kandidat terkuat untuk bertarung di pilwako.

“Bagi saya tidak ada tujuan politik. Ini tugas saya bagaimana mengawasi ODSK (Orang Desa Sehat dan Kuat). Kuat itu jasmani dan ekonomi. Kalau sudah kuat dan sehat berarti petani diberdayakan,” tuturnya.

Kesempatan itu, Olly Dondokambey mengaku terkejut dan terkesima melihat keindahan Puncak Wawo.

“Saya kaget memang bagus sekali ini lokasi. Kita bersyukur kepada Tuhan karena memberikan Tomohon lokasi yang bagus untuk pertanian dan pariwisata. Ini yang didengung-dengungkan menjadi ujung tombak pembangunan,” tutur gubernur.

Lanjutnya, dampak dari kuatnya produksi pertanian menghasilkan pertumbuhan ekonomi.

“Apalagi di situasi pandemi ini, Sulut telah menunjukan dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat. Untuk mewujudkan yang lebih hebat lagi yakni swasembada pangan, untuk itu kita memberikan bantuan berupa bibit, kedepan juga kita akan membentuk lembaga yang bisa menampung produksi para petani ini,” jelas Dondokambey.

Orang nomor satu di Sulut ini juga menekankan, wujud kehadiran pemerintah bukan sekedar memberikan bantuan bagi para petani.

“Kita sedang menyiapkan salah satu program yakni asuransi bagi petani sehingga meminimalisir resiko apabila terjadi sesuatu dan lain hal yang bisa mengancam hasil tani mereka,” pungkas OD.(ika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *