PDI-P, Golkar dan Nasdem, Diprediksi Mendominasi Kursi DPR-RI Dapil Sulut di Pileg 2019

oleh -555 views
Pengamat Politik Taufik Tumbelaka

Portalsulutnews.com—Konstelasi Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 untuk Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Daerah Pemilihan Sulawesi Utara (Sulut), diprediksikan akan didominasi oleh tiga Partai Politik (Parpol) yakni PDI-Perjuangan, Golkar dan Nasdem.

Hal itu dikatakan oleh Pengamat Politik jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM), Taufik Tumbelaka, berdasarkan hasil diskusi Lembaga Studi Sosial & Politik TUMBELAKA Academic Centre.

Menurut Tumbelaka yang juga Direktur Eksekutif Tumbelaka Academic Centre, diprediksi Adriana Dondokambey akan memperoleh kursi pertama untuk DPR RI Dapil Sulut. Sedangkan untuk jatah kursi lain DPR-RI Dapil Sulut masih menjadi persaingan ketat.

“Peluang terbesar kursi pertama ada di Adriana Dondokambey dikarenakan parpol pengusungnya, PDI Perjuangan yang mempunyai mesin politik solid dan telah teruji seperti dalam Pilgub Sulut, Pilbup Minahasa dan juga perolehan suara Olly Dondokambey pada saat Pileg lalu. Selain itu munculnya prediksi peluang besar ada pada Adriana Dondokambey dikarenakan yng bersangkutan merupakan kader andalan PDI Perjuangan,”pungkas Tumbelaka pada media ini, Selasa (22/01/19).

Lanjutnya, jika mesin politik Parpol berjalan maksimal, maka akan ada 3 Parpol mendominasi dan bersaing cukup ketat dalam Pileg 2019 untuk perebutan jatah kursi DPR -RI dapil Sulut, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar (PG) dan Nasdem. Bahkan ada peluang jika ke 3 parpol memainkan strategi lapangan yang jitu akan memperoleh hasil diatas target politik.

“ Partai Golkar mempunyai caleg DPR-RI yang merata untuk zona Nusa Utara, zona Bolmong dan di tanah Minahasa dengan 3 Bupati/Walikota.  Jika memaksimalkan kekuatan mesin politik parpol dan ditunjang kerjasama yang baik antar caleg, maka berpeluang meraih 2 kursi dengan minimal 1 kursi. Hal yang sama juga dimiliki Nasdem dengan kekuatan 5 Walikota/Bupati plus Elly Lasut dan 2 caleg andalan Benny Mamoto dan Felly E Runtuwene plus artis nasional Mongol, maka jika terjadi kolaborasi internal akan berpeluang bukan cuma 1 kursi tapi juga 2 kursi,”tandas Tumbelaka memprediksi perebutan kursi untuk Pileg DPR-RI Dapil Sulut pada 17 April 2019 nanti.

(Romel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *